Minggu, 22 Juni 2014

Tugas Praktikum 3 (Mengenal cara mendeklarasikan variabel dan mengkonfersi variabel)

Buatlah seperti pada tampilan Gambar dibawah ini berikut code prohramnya:
Gambar 3.1 Soal
Langkah pertama yang saya lakukan adalah membuat form seperti berikut :
Gambar 3.2 Langkah Pertama
Adapun kode programnya yaitu sebagai berikut:
/**
 *
 * @author Raras
 */
public class Tugas_Praktikum_3 extends javax.swing.JFrame {
int a,b,c;
float d,e,f;
    /**
     * Creates new form Tugas_Praktikum_3
     */
    public Tugas_Praktikum_3() {
        initComponents();
    }

Adapun source code untuk button tambah (+) yaitu sebagai berikut:
    private void bTambahActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // TODO add your handling code here:
        a=Integer.parseInt(Bil1.getText());
        b=Integer.parseInt(Bil2.getText());
        c=a+b;
        Hasil.setText(Integer.toString(c));
    }         

Adapun source code untuk button kurang (-) yaitu sebagai berikut:
    private void bKurangActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // TODO add your handling code here:
        a=Integer.parseInt(Bil1.getText());
        b=Integer.parseInt(Bil2.getText());
        c=a-b;
        Hasil.setText(Integer.toString(c));
    }              

Adapun source code untuk button kali (*) yaitu sebagai berikut:
    private void bKaliActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                     
        // TODO add your handling code here:
        d=Float.parseFloat(Bil1.getText());
        e=Float.parseFloat(Bil2.getText());
        f=d*e;
        Hasil.setText(Float.toString(f));
    }   

Adapun source code untuk button bagi (/) yaitu sebagai berikut:
    private void bBagiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                     
        // TODO add your handling code here:
        d=Float.parseFloat(Bil1.getText());
        e=Float.parseFloat(Bil2.getText());
        f=d/e;
        Hasil.setText(Float.toString(f));
    }  

Adapun source code untuk button maximal (Max) yaitu sebagai berikut:
    private void bMaxActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                    
        // TODO add your handling code here:
        a=Integer.parseInt(Bil1.getText());
        b=Integer.parseInt(Bil2.getText());
        if (a>=b){
            Hasil.setText(a+"");
        }else if(a<=b){
            Hasil.setText(b+"");
        }
    }   

Adapun source code untuk button minimal (Min) yaitu sebagai berikut:
    private void bMinActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                    
        // TODO add your handling code here:
        a=Integer.parseInt(Bil1.getText());
        b=Integer.parseInt(Bil2.getText());
        if (a<=b){
            Hasil.setText(a+"");
        }else if(a>=b){
            Hasil.setText(b+"");
        }
    }   

Adapun source code untuk button Cleae (C) yaitu sebagai berikut :
    private void bClearActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
        // TODO add your handling code here:
        Bil1.setText("");
        Bil2.setText("");
        Hasil.setText("");
    }     

Adapun source code untuk button Exit yaitu sebagai berikut :
    private void bExitActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                     
        // TODO add your handling code here:
        dispose();
    }

Jika di Run File maka akan tampil seperti berikut :
Gambar 3.3 Run File
Contoh : Masukan Bilangan
Jika diklik button Tambah (+), maka akan tampil seperti berikut:
Gambar 3.4 Button Tambah (+)
Jika button kurang (-) diklik, maka akan tampil seperti berikut :
Gambar 3.5 Button Kurang (-)
Jika button kali (*) diklik, maka akan tampil seperti berikut:
Gambar 3.6 Button Kali (*)
Jika button bagi (/) diklik, maka akan tampil seperti berikut:
Gambar 3.7 Button Bagi (/)
Jika button Max diklik, maka akan tampil seperti berikut :
Gambar 3.8 Button Max
Jika button Min diklik, maka akan tampil seperti berikut :
Gambar 3.9 Button Min
Jika bullon clear (C) diklik, maka akan bersih tanpa proses seperti pada gambar berikut :
Gambar 3.10 Button Clear (C)
Jika button Exit diklik, form akan keluar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar